Analisa Kebutuhan Fasilitas Penyimpanan Rekam Medis di RS Rawamangun

  • Tite Kabul APIKES Bhumi Husada Jakarta
Keywords: Fasilitas Penyimpanan, Rekam Medis, RS Rawamangun

Abstract

ABSTRAK

Fungsi utama unit rekam medis adalah menyediakan rekam medis yang selalu tersimpan atau tcrsedia untuk pelayanan pasien. Sehubungan dengan adanya kegiatan rekam medis dalam tertib administrasi di rumah sakit, maka salah satu penyelenggaraan rekam medis adalah penyimpanan rekam medis. menjadi sangat penting. Sehingga diperlukan kebutuhan fasilitas penyimpanan rekam medis yang memadai.

Penyimpanann rekam medis dengan rak terbuka, yang memiliki masing-masing 7 sub rak. Idealnya mampu menampung 300 rekam medis aktif, dengan ketebalan rekam medis rata-rata 1 cm, masing- masing panjang sub rak 100 cm.

Berdasarkan hasil observasi dalam rangka identifikasi masalali di Rumah Sakit Rawamangun diperoleh informasi, dengan jumlah rekam medis aktif sebanyak 288.000 yang ada saat ini dipcrgunakan rak terbuka sebanyak 112 rak. dengan daya tampung masing-masing sub rak 300 rekam medis.

Dengan mctode penelitian analisis clan pengumpulan data melalui observasi serla wawancara peneliti ingin mengetahui kebutuhan fasilitas penyimpanan rekam medis yang ideal berdasarkan jumlah rekam medis aktif saat ini di Rumah Sakit Rawamangun tanggal 18 September 2007 sampai dengan 18 Maret 2009. Untuk mencapai upaya tersebut di atas peneliti mulai dengan menghitung rak penyimpanan rekam medis, serta luas ruang penyimpanan yang dibutuhkan.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan ternyata diperoleh informasi bahwa dengan jumlah rekam medis aktif yang ada saat ini yaitu sebanyak 288.000 dalam rangka meningkatkan produktifitas di unit rekam medis, maka dibutuhkan rak terbuka sebanyak 17 rak terbuka. Apabila menggunakan Roll-o- Pack dibutuhkan 27 Rool-o-Pack, dengan demikian harus dilakukan penamhahan rak terbuka sebanyak 15 sedangkan di Rumah Sakit Rawamangun sekarang ini hanya mempunyai 2 rak penyimpanan, apabila dengan Roli-o-Pack dibutuhkan 27 Roll-o-Pack. Mengingat penambahan dan luas ruang penyimpanan bukanlah suatu yang mudah untuk dilakukan sedangkan kapasitas rak yang ada saat ini sudah tidak memungkinkan teijadi penamhalian rekam medis aktif, maka sebaiknya perlu ditinjau kenibali periode retensi.

Kata Kunci: rekam medis. penyimpanan. kebutuhan fasilitas

Published
2019-01-14
How to Cite
Kabul, T. (2019). Analisa Kebutuhan Fasilitas Penyimpanan Rekam Medis di RS Rawamangun. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 1, 6. Retrieved from http://akademiperekammedis.ac.id/jurnal/index.php/medicordhif/article/view/32