Pengkajian Akurasi Pengkodean Diagnosa Kebidanan di RSUD Koja

  • Tite Kabul APIKES Bhumi Husada Jakarta
Keywords: Diagnosa Penyakit, Kode Penyakit, Rekam Medis, RSUD Koja

Abstract

ABSTRAK

Kegunaan rekam medis Permenkes No.269/MENKES/PER/III/2008 antara lain sebagai dasar pemeliharaan kesehatan dam pengobatan pasien, bahan pembuktian dalam perkara hukum, bahan untuk keperluan penelitian dan pendidikan, dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan dan sebagai bahan untuk menyiapkan statistik kesehatan.

Satu diantara peran penting unti rekam medis di rumah sakit adalah menentukan kode penyakit dan tindakan pasien pulang maupun pasien yang meninggal di instalansi rawat jalan maupun rawat inap dalam setiap sub unit pelayanan kesehatan yang ada. Koding adalah pemberian penetapan kode penyakit yang menggunakan huruf dan angka yang mewakili komponen data dan bertujuan untuk menyeragamkan nama dan golongan penyakit, cidera, gejala, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan.

Ruang lingkup penelitian dibatasi pada unit kerja rekam medis dan informasi kesehatan RSUD mengenai keakuratan diagnosa kebidanan rawat inap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk membuat gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif.

Dari hasil penelitian penulis memberikan saran utama yaitu dalain pengkodingan diagnosa penyakit sebaiknya dilakukan oleh petugas rekam medis yang berkompeten di bidangnya khususnya rekam medis.

Kata Kunci: penyakit, diagnosa, kode penyakit.

Published
2019-01-14
How to Cite
Kabul, T. (2019). Pengkajian Akurasi Pengkodean Diagnosa Kebidanan di RSUD Koja. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 1, 5. Retrieved from http://akademiperekammedis.ac.id/jurnal/index.php/medicordhif/article/view/31