TINJAUAN KEBUTUHAN TENAGA PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN DI UNIT REKAM MEDIS RUMAH SAKIT XYZ

TINJAUAN KEBUTUHAN TENAGA PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN DI UNIT REKAM MEDIS RUMAH SAKIT XYZ

  • Garis Gemilang APIKES Bhumi Husada Jakarta
  • Devi Ariska Safirah

Abstract

Perencanaan kebutuhan tenaga Sumber Daya Manusia Kesehatan adalah proses sistematis dalam upaya menetapkan jumlah, jenis, dan kualifikasi SDMK yang dibutuhkan sesuai kondisi suatu wilayah dalam rangka mencapai tujuan pembangunan kesehatan. Beban kerja adalah banyaknya jenis pekerjaan yang harus diselesaikan oleh tenaga kesehatan professional dalam satu tahun pada satu sarana pelayanan kesehatan. Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian di Unit RMIK Rumah Sakit XYZ dimana semua petugas rekam medis merangkap kegiatan yang ada di unit RMIK karena kekurangan tenaga. Kegiatan pengkodean penyakit dan tindakan belum dilaksanakan karena tidak ada petugas yang mengerjakan kegiatan tersebut. Perhitungan kebutuhan tenaga Perekam Medis dan Informasi Kesehatan ini berdasarkan metode Analisis Beban Kerja Kesehatan (ABK Kes).

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah tenaga Perekam Medis dan Informasi Kesehatan yang dibutuhkan di Unit RMIK. Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah tenaga yang dibutuhkan saat ini adalah 8 orang SDMK, namun yang tersedia ada 7 orang SDMK. Dibutuhkan penambahan 1 orang perekam medis dan informasi kesehatan untuk melakukan kegiatan pengkodingan penyakit dan tindakan karena kegiatan ini merupakan salah satu dari system pengolahan rekam medis yang harus ada di unit RMIK.

Daftar Pustaka  :               8 Buah (1996-2014)

Kata Kunci           :               Kebutuhan Tenaga, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Rekam Medis

Published
2022-07-15
How to Cite
Gemilang, G., & Devi Ariska Safirah. (2022). TINJAUAN KEBUTUHAN TENAGA PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN DI UNIT REKAM MEDIS RUMAH SAKIT XYZ. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 9(1), 69-80. https://doi.org/10.59300/mjrm.v9i1.82