TINJAUAN WAKTU PENYEDIAAN REKAM MEDIS PASIEN LAMA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT YADIKA KEBAYORAN LAMA

  • Ima Rusdiana APIKES Bhumi Husada Jakarta
  • Adi Rivaldi APIKES Bhumi Husada Jakarta

Abstract

Kegiatan rekam medis diantaranya adalah pengiriman atau distribusi rekam medis ke pelayanan rawat jalan. Tersedianya rekam medis dipengaruhi dengan pengambilan rekam medis yang cepat dan tepat. Apabila pengiriman rekam medis ke poliklinik yang dituju tidak tepat waktu maka akan mempengaruhi waktu tunggu pelayanan pasien. Dengan demikian unit rekam medis dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui waktu penyediaan rekam medis pasien lama rawat jalan di rumah sakit Yadika Kebayoran Lama. Sedangkan tujuan khususnya yaitu mengetahui SPO penyediaan rekam medis pasien lama rawat jalan, menghitung waktu penyediaan rekam medis pasien lama rawat jalan, mengetahui penyebab keterlambatan penyediaan rekam medis pasien rawat jalan di Rumah Sakit Yadika Kebayoran Lama.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriftif. Dari hasil penelitian dilakukan penulis di ruang penyimpanan unit rekam medis diketahui persentase waktu penyediaan rekam medis pasien lama rawat jalan yang ≥10 menit sebesar 52% sedangkan, persentase waktu penyediaan rekam medis pasien lama rawat jalan yang ≤10 menit sebesar 48%. Saran dari penulis sebaiknya dilakukan revisi atau evaluasi mengenai SPO penyediaan rekam medis pasien lama rawat jalan dan perlu dipertimbangkan untuk penerapan rekam medis elektronik.

Published
2021-07-05
How to Cite
Rusdiana, I., & Adi Rivaldi. (2021). TINJAUAN WAKTU PENYEDIAAN REKAM MEDIS PASIEN LAMA RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT YADIKA KEBAYORAN LAMA. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 7, 21 - 26. https://doi.org/10.59300/mjrm.v7i0.55