Keterlambatan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Aulia Jakarta

  • Indah Kristina
Keywords: Keterlambatan Klaim BPJS, Pasien Rawat Inap

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  proses klaim BPJS Kesehatan di Unit Rawat Inap RSIA Aulia. Metode penelitian adalah metode deskriptif. Dari 156 sampel  klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap pada bulan juli 2015,  yang tepat waktu  32 rekam medis (20%). Dari Kelengkapan pengisian resume medis rawat inap pasien BPJS Kesehatan, komponen identifikasi pasien kelengkapannya 97%, komponen catatan penting 80%, komponen autentifikasi penulis 89%, komponen catatan yang baik adalah 19%. Faktor yang menghambat ketepatan waktu proses klaim jaminan kesehatan nasional yaitu 1) Banyak tulisan dokter pada resume medis yang tidak terbaca, 2) Tidak resume medis ada diagnosa, 3) Terlambatnya pengumpulan syarat administrasi. Kesimpulan, belum adanya standar prosedur operasional  mengakibatkan pelaksanaan tidak tepat waktu, ada pelaksanaan yang tidak sesuai dengan kebijakan. Saran dari penelitian ini adalah menetapkan standar prosedur operasional sebagai pedoman pelayanan jaminan kesehatan RSIA Aulia, bagi petugas pelayanan yang melakukan proses BPJS kesehatan, dilakukan sosialisasi kepada petugas-petugas yang berkaitan mengurus klaim BPJS agar saling bekerjasama satu sama lain untuk hasil klaim BPJS Kesehatan yang tepat waktu.

Kata kunci: keterlambatan klaim BPJS,  pasien rawat inap

Published
2018-10-18
How to Cite
Kristina, I. (2018). Keterlambatan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Aulia Jakarta. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 2, 1. Retrieved from http://akademiperekammedis.ac.id/jurnal/index.php/medicordhif/article/view/27

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>