Tinjauan Penyimpanan Rekam Medis di Klinik Prodia Occupational Health Center Jakarta Selatan

  • Indah Kristina
Keywords: Peyimpanan, Rekam Medis

Abstract

Klinik Prodia OHC Jakarta belum menjalankan penyelenggaraan rekam medis yang sesuai dengan standar, dan belum memiliki standar prosedur operasi rekam medis, ruangan khusus beserta rak rekam medis khusus sebagai tempat menampung dokumen rekam medis yang sudah tercipta.

Tujuan penelitian ini adanya Standar Prosedur Operasional dan kesesuaian sistem penyimpanan rekam medis di Klinik Prodia OHC terhadap standar nasional.

Didalam penelitian ini penulis menggunakan Metode Penelitian observasional dan penghitungan besaran ruangan, rak yang dibutuhkan dan prosedur  yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah draft Standar Prosedur Operasi untuk Klinik Prodia OHC Jakarta. Berdasarkan proses penghitungan dan pengamatan ruang rekam medis, yang dibutuhkan adalah 3,46 m2 meliputi panjang 3 m dan lebar 0,46 m, dan jumlah rak rekam medis 1 rak berkapasitas 1000 rm, serta dua meja kerja dan dua kursi.

Berdasarkan dari hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa di Klinik Prodia OHC Jakarta, sudah melakukan pelayanan kesehatan tetapi belum memiliki ruangan khusus rekam medis beserta rak khusus untuk meletakan rekam medis yang sudah tercipta, belum adanya ruangan khusus rekam medis berkaitan juga dengan belum diterapkan nya Standar Prosedur Operasi rekam medis, Saran untuk Klinik Prodia Occupational Health Center (OHC) Jakarta sebagai berikut, Standar prosedur operasional segera diberlakukan agar petugas rekam medis dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan standar.

Kata kunci: Tempat penyimpanan rekam medis

Published
2018-10-18
How to Cite
Kristina, I. (2018). Tinjauan Penyimpanan Rekam Medis di Klinik Prodia Occupational Health Center Jakarta Selatan. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 2, 52. Retrieved from http://akademiperekammedis.ac.id/jurnal/index.php/medicordhif/article/view/25

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>