Tinjauan Waktu Penyediaan Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Pondok Kopi

  • Indah Kristina
Keywords: Waktu Penyediaan Rekam Medis, Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi

Abstract

Tersedianya rekam medis sangat dipengaruhi dengan pendistribusian yang cepat dan tepat. Apabila pengiriman rekam medis ke poliklinik yang dituju tidak tepat waktu maka akan mempengaruhi waktu tunggu pelayanan pasien. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui waktu penyediaan rekam medis rawat jalan di RSIJ pondok kopi. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriftif, yaitu survei yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang biasanya bertujuan untuk melihat gambaran fenomena yang terjadi di dalam suatu populasi tertentu.

Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis di ruang penyimpanan rekam medis, semua prosedur sudah dijalankan dengan baik. Hanya saja masih ada prosedur yang belum ada pada kasus ini, yaitu standarisasi waktu penyediaan rekam medis pelayanan rawat jalan.

Berdasarkan kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut yaitu : pada pelaksanaan pengambilan dan penyususnan rekam medis petugas menjalankan sesuai yang ada di SPO, hanya saja tidak ada yang mengatur standarisasi lama waktu penyediaan rekam medis pelayanan rawat jalan dari pasien mendaftar hingga rekam medis tersedia/ ditemukan.

Beberapa saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi pemberi pelayanan yaitu : diharapkan ada standar waktu tentang penyediaan rekam medis pelayanan rawat jalan, agar petugas dapat mempercepat proses penyediaan rekam medis.

Kata Kunci: Waktu penyediaan rekam medis pelayanan rawat jalan

Published
2018-10-18
How to Cite
Kristina, I. (2018). Tinjauan Waktu Penyediaan Rekam Medis Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Pondok Kopi. MEDICORDHIF Jurnal Rekam Medis, 2, 28. Retrieved from http://akademiperekammedis.ac.id/jurnal/index.php/medicordhif/article/view/23

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>